Minggu, 06 November 2011

Degradasi moral tanda fitrah telah hilang


Jakarta (ANTARA News) - Menurut pujangga Ranggawarsitab dalam Serat Kalatidha, akan tiba "jaman edan", saat semuanya edan dan ikut-ikutan edan. Kemunduran atau degradasi moral dan banyaknya terjadi kebohongan oleh umat merupakan tanda-tanda fitrah-nya (kesucian) telah hilang.

"Sekarang ini mulai masyarakat kecil hingga pejabat negara melakukanm kebohongan dan degradasi moral. Hal itu menandakan fitrah telah hilang," dikatakan khatib Nacep Suharna, dalam khutbah shalat Idul Fitri 1 Syawal 1432 Hijriah, di komplek perumahan Bukit Dago, Desa Rawa Kalong, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor, Rabu.

Oleh karena itu, dengan Idul Fitri 1432 H ini, kata Nacep, kesucian atau fitrah akan mampu mengatasi dan menghilangkan degradasi moral dan mencegah terjadinya kebohongan.

Pada kesempatan itu, Nacep meminta kepada semua umat untuk tetap saling bersilaturahmi.

"Rasullah Muhammad SAW membenci umat yang memutuskan tali silaturahmi. Silaturahmi sangat penting untuk membina hubungan dan mencegah terjadinya degradasi moral serta kebohongan," ungkapnya.

Terjadinya degradasi moral dan kebohongan itu, kata Nacep, dikarenakan dua hal, yakni nafsu perut dan nafsu sex.

"Kedua nafsu inilah yang membuat bangsa dan negara ini hancur, membuat kita saling bermusuhan dan menimbulkan kebohongan baik yang dilakukan masyarakat maupun oleh pejabat negara," ujar Nacep. (*)

Editor: Ade Marboen

COPYRIGHT © 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar